Penelitian penelitian mutakhir ternyata membuktikan bahwa hal hal berikut menjadi penghambat kita maju, karena memblokir tumbuh dan berkembangnya sifat sifat unggul dalam diri kita, dan oleh karenanya menghambat kita dalam mewujudkan mimpi kemajuan hidup yang kita inginkan.

Dalam tradisi ilmuwan Psikologi di Barat hal hal berikut ini disebut MENTAL BLOCK. Nah apakah kita memiliki salah satu atau lebih dari MENTAL BLOCK ini :

1.Perasaan lemah
2.Perasaan tidak mampu
3.Perasaan tidak berharga
4.Ragu ragu
5.Bingung
6.Khawatir
7.Kesedihan yang terus menerus
8.Tidak percaya diri
9.Pesimis
10.Tidak memiliki kontrol diri
11.Rendah diri
12.Enggan melakukan sesuatu
13.Tidak berani mengambil resiko
14.Tidak mau susah susah
15.Tidak mandiri
16. Dan lain lain

Terdapat berbagai cara yang biasa digunakan, dikalangan para praktisi pengembangan SDM di Barat untuk menghilangkan dan menghancurkan MENTAL BLOK itu.Beberapa yang biasa digunakan adalah :
1.Hypnotherapy
2.Emotional Freedom Therapy ( EFT)
3.Hypno -EFT ( Gabungan dari dua cara diatas )
4.Meditasi
5.Self-Talk
6.Dan lain lain

Saya sendiri pernah memiliki seluruh MENTAL BLOK yang sebutkan diatas. Akan tetapi saya bersyukur seluruh MENTAL BLOCK itu dengan ijin NYA berhasil saya hilangkan.

Bukan dengan cara cara diatas, karena saya tidak pernah secara khusus mempelajari dan menguasainya.Tetapi alhamdulillah melalui serangkaian aktifitas yang saya sebut dengan TAZKIYAH TRAINING.

Apa dan bagaimana TAZKIYAH TRAINING itu, alhamdulillah sudah saya tulis dalam buku : “BAHAGIA,KUAT,PRODUKTIF dan KONTRIBUTIF dengan TAZKIYAH “.