Pekerjaan membangun jurang perlindungan untuk perang itu sungguh luar biasa.Bagaimana tidak akan disebut luarbiasa , sebab jurang perlindungan yang dibuat dalam situasi paceklik makanan itu berukuran panjang 5544 meter , lebar 4,62 meter , dalam 3, 234 meter . Pekerjaan penggalian itu sendiri selesai dalam waktu 9 – 10 hari.

Itu fakta kerja keras dalam pembuatan jurang perlindungan dalam Perang Ahzab yang dilakukan Rasulullah SAW pada tahun 627 Masehi.

Hebatnya lagi ternyata perang itu dimulai pada tanggal 5 Syawal .Jika pekerjaan penggalian jurang itu selesai selama 9 -10 hari , berarti penggalian jurang itu sebagian besarnya dilakukan pada bulan puasa.

Kerja keras Rasulullah SAW dan kaum muslimin sebagai mana tersebut diatas demi menghadapi kedatangan 10.000 pasukan yang akan menyerbu Madinah , dibalas oleh Allah dengan pertolongan NYA , sebagaimana digambarkan dalam QS : 33 : 9 :

“Hai orang-orang yang beriman, ingatlah akan nikmat Allah (yang telah dikurniakan) kepadamu ketika datang kepadamu tentara-tentara, lalu Kami kirimkan kepada mereka angin topan dan tentara yang tidak dapat kamu melihatnya[1204]. Dan adalah Allah Maha Melihat akan apa yang kamu kerjakan.”

Fakta sejarah hidup diatas mengungkapkan bukti bahwa jika kaum muslimin mau bekerja keras dalam situasi paling sekalipun , Allah akan menyediakan jalan keluar dari kesulitan itu serta akan memberikan kemenangan .

Dari peristiwa seperti itu kita harus belajar. Belajar bagaimana kerja keras yang berkualitas dalam mempersiapkan diri menghadapi kesulitan dan tantangan akan membuahkan pertolongan , kemenangan dan keberhasilan dari Tuhan Yang Maha Kuat Allah SWT.
Karena memang itu janji Nya kepada kita.

Sekarang kita sedang menjalani bulan bulan yang makin dipenuhi kesulitan hidup.Apakah keadaan ini akan berlangsung hingga ke tahun depan bahkan ke tahun berikutnya ?

Kita tidak tahu pasti .Kalaulah ada penjelasan berupa prediksi kondisi kehidupan ekonomi , sosial , politik , keamanan dan budaya untuk tahun ini dan tahun depan , tetap saja kita punya kewajiban yang sama . Kewajiban apa ?

Kewajiban bekerja mempersiapkan diri agar sanggup bahkan bisa berprestasi dalam bulan bulan yang penuh kesulitan hidup yang sekarang sedang kita jalani di tahun ini yang mungkin saja bisa berlangsung hingga tahun depan .

Kita perlu bekerja lebih luarbiasa lagi dalam hal hal berikut :

Pertama: Menghubungkan Diri Kita Secara Lebih Kuat Lagi dengan Allah

Kita membutuhkan ikatan yang lebih kuat lagi dengan Tuhan kita ,Allah SWT , terutama dengan semua ibadah kita kepada NYA, karena selama ini semua kekuatan yang mengalir dalam diri kita semakin berlipat lipat justru ketika kita terikat kuat dengan NYA.

Dan jika semua aktifitas hidup kita , dikelola dan dikendalikan berdasarkan kekuatan ibadah kita kepada NYA sebagai Pemilik dan Pengatur Tunggal Kehidupan ini maka kita akan selalu lebih mudah mengotrol arah perjalanan dan kemajuan hidup kita

Kedua: Menggembleng Diri Agar lebih Kuat.

Membentuk diri agar tumbuh sebagai pribadi yang kuat pada semua sisi kepribadian kita adalah tuntutan kita sekarang dan tuntutan dalam semua tahun tahun kehidupan kita yang akan datang.

Ibadah, belajar, berolahraga adalah tiga aktivitas dasar yang jika secara disiplin serta semakin berkualitas kita jalankan, maka kita akan bisa menjadi semakin kuat.

Ketiga: Meningkatkan Kemampuan Bersaing Kita

Kita sepenuhnya sepakat bahwa suasana persaingan hidup selalu bertambah ketat dari waktu ke waktu. Jadi sudah sepatutnya jika kita selalu memprogram diri agar memiliki kemampuan bersaing semakin tinggi.

Kemampuan bersaing akan makin baik kita miliki , manakala kita sukses menggembleng diri menjadi jauh lebih kuat seperti yang telah diuraikan di atas.

Keempat: Memperbaiki Kemampuan Adapatasi Kerja Kita

Kita tidak tahu apakah tahun depan adalah tahun yang tetap sulit seperti sekarang yang sedang kita jalani ataukah tahun yang semakin memudahkan dan menguntungkan bagi kita. Tetapi jika kita melatih diri agar memiliki kesanggupkan bekerja dalam keadaan mudah dan sulit sekaligus maka kita akan bisa menaklukkan kesulitan hidup yang terjadi dalam berbagai keadaan.

Kelima: Memperbesar Daya Cipta Kita

Di semua waktu, tempat dan keadaan ,orang selalu menghargai dan menyukai sesuatu yang baru, unik, bernilai dan bermanfaat serta bersifat lebih unggul dari yang lain.
Itu hanya mungkin lahir dari diri yang memiliki daya cipta yang kuat dalam memproduk sebuah ide tentang barang dan jasa. Oleh karena nya kita juga perlu memperbaiki daya cipta ide kita tentang barang dan jasa agar semakin tinggi.

Keenam: Membangun Tradisi Belajar yang Kuat.

Untuk bisa melakukan semua itu yang sudah terurai di atas , kita perlu membiasakan diri selalu belajar dan berusaha terus menyempurnakan kualitas diri kita secara konsisten.